Minggu, 14 Desember 2008

Dinamika Sosial

Jarang terjadi di zaman ini, timbuk rasa saling mengerti diantara sesama, tenggang rasa, simpati, empati dan mau menolong antar sesame. Hal ini pernah ditekankan pada era orde baru, namun kali ini hal tersebut sudah menjadi sesuatu yang jauh ditinggal oleh orang banyak. Sesuatu yang menarik terjadi, ketika saya menuju kampus 3 UAD. Di daerah gondomanan saya melihat seorang polisi menuntun dua orang tuna netra untuk menyebrang jalan, dungguh hal yang jarang ditemukan di negri ini. Kemudian sesampainya di daerah makam pahlawan, paradigma saya berubah terhadap pengayom masyarakat ini. Saya melihat patroli polisi “tilangan”, hamper saja saya ikut ‘digaruk’, karena SIM dan STNK saya jatuh dua hari yang lalu. Sungguh menarik hidup ini, banyak rahasia yang bisa kita ambil dari setiap kejadian. Kalo kita cermati, Kharisma polisi dimata masyarakat memang fluktuatif, tergantung pada siapa masyarakat menemui polisi. Kalo ia mendapat polisi yang baik, mungkin bisa dikatakan beruntung, tapi kalo tidak?. Jadi repot urusannya, banyak masyarakat yang tidak tahu hukum, justru dipermainkan pleh penegak hukum. Contoh saja, saat saya mengurus STNK dan melapot berita kehilangan, kalo dulu, saat pernah hilang juga STNK nya, ngurus2nya lumayan, harus ke media cetak dan elektroni, tapi kali ini tidak make, sunguh aneh, peraturannya kok tidak sama?. Padahal dulunya tidak lama.... aneh tapi nyata...Sesungguhnya banyak yang ingin saya tuangkan dalam tulisan ini sebagai langkah awal untuk mengasah otak biar berlekuk katanya, semakin berlekuk semakin berat timbangan otaknya, apa iyaya?. Dosen bilang, berat otak kita itu 1,2 Kg sedangkan jaringan syaraf utuk menyimapan memory ada sekitar 200 milyar, itu yang aktif, belum dikelilingi yang tidak aktif sebanyak 3000 milyar, lebih hebatnya lagi, satu jaringa itu masih memiliki sistem penyimpan lagi sekitar 20 jutaan,,, luar biasa, subhanallah coba kita hitung aja 20 juta kali 200 milyar kemudian ditambah 300 milyar, bener2 ruar biasa!, sedangkan yang kita gunakan mungkin baru berapa ya?

Tidak ada komentar: